Jakarta Forum - Tren konsumsi makanan sehat di pasar internasional dan peluang ekspor produk Indonesia. Dorong ekspor produk makanan sehat, Indonesia berpartisipasi dalam CHFA NOW 2023.
Tren Konsumsi Makanan Sehat di Pasar Internasional dan Peluang Ekspor Produk Indonesia
Kementerian Perdagangan melalui Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Vancouver bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Vancouver, terus mendorong pemasaran produk alami, sehat, dan organik asal Indonesia di pasar global.
Tren konsumsi makanan sehat di pasar internasional dan peluang ekspor produk Indonesia |
Kali ini, promosi dilakukan melalui partisipasi pada pameran dagang Canadian Health Food Association (CHFA) Natural Organic Wellness Breakthrough.
Pameran yang berlangsung pada 1-2 April 2023 di Vancouver Convention Center, Kanada, ini diikuti sekitar 500 peserta baik dari tingkat distributor maupun pelaku ritel di Kanada.
“Sebagai negara agraris dengan potensi produk olahan perkebunan dan pertanian yang beragam, Indonesia memiliki potensi untuk memasarkan produk olahan yang alami, sehat, dan bersertifikasi organik ke pasar global, salah satunya ke Kanada.
Pameran ini merupakan momen yang tepat untuk mempromosikan keunikan produk Indonesia yang alami, sehat, dan tentu saja telah tersertifikasi organik," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi.
Menurut Didi, potensi produk alami dan organik saat ini semakin luas seiring meningkatnya kesadaran dan keinginan konsumen untuk mengonsumsi produk alami, sehat, dan dikelola dengan cara organik.
Potensi Pasar Produk Alami dan Organik di Kanada
Kanada merupakan salah satu negara dengan konsumi produk alami dan organik terbesar di dunia.
Secara global, Kanada merupakan Top 10 Leading Countries dengan konsumsi olahan produk organik tertinggi per kapita.
Sebanyak 3,3 persen produk buah dan sayuran yang beredar di Kanada telah memiliki sertifikasi organik dengan nilai pasar mencapai USD 5 juta atau setara dengan Rp75 miliar.
Bahkan, setiap minggunya penduduk Kanada menghabiskan sekitar Rp2,3 juta untuk membeli produk organik.
Produk Alami dan Organik Unggulan Indonesia
Dalam pameran ini, Paviliun Indonesia memperkenalkan produk alami dan organik unggulan dari Walini, Kalbe, Java Spices, Javara, dan Archipelago Marketplace.
Varian produk yang ditampilkan antara lain produk teh khas Indonesia, kopi spesial Indonesia, air kelapa, olahan mi sehat dengan bahan alami, beras beraroma, serta aneka bumbu khas Indonesia yang dihasilkan dari sistem pertanian tersertfikasi organik.
“Melalui pameran ini, ITPC Vancouver berkesempatan untuk mengundang beberapa pelaku usaha Indonesia yang bergerak dalam bidang pertanian organik untuk kita pamerkan dan perkenalkan di pasar Kanada.
Kami menargetkan potensi transaksi hingga USD 2,3 juta atau sekitar Rp35,7 miliar.
Melalui pameran ini, diharapkan produk Indonesia semakin mendunia,” ujar Kepala ITPC Andri Permana.
Andri juga menambahkan, untuk bisa berpartisipasi dalam CHFA memerlukan persiapan yang matang serta koneksi yang baik karena pameran ini terbuka ekslusif untuk distributor dan ritel besar yang berada di Kanada.
Pintu Masuk Produk Alami dan Organik Indonesia ke Kanada
Konsul Jenderal Hendra Halim menyampaikan, keikutsertaan Indonesia pada CHFA tidak hanya untuk menampilkan keragaman produk alami Indonesia, namun juga untuk menunjukkan keunikan dan kekhasan aneka produk yang diperoleh dari pertanian organik serta telah tersertifikasi halal.
“Partisipasi pada CHFA ini merupakan partisipasi perdana di Kanada dan diharapkan menjadi langkah pertama untuk memasukkan produk alami dan organik Indonesia ke Kanada,” pungkas Hendra.
Pada 2021, produk organik Indonesia baru mengisi 0,03 persen dari permintaan global.
Dengan semakin banyaknya konsumen yang tertarik dengan produk organik dan ekonomi yang sedang berkembang di Indonesia, potensi produk organik terlihat positif dalam jangka panjang, tumbuh hingga 6,1 persen untuk periode 2021-2026.
Peluang Ekspor Produk Makanan Sehat
Gaya hidup dan pola konsumsi makanan sehat menjadi tren yang semakin populer di pasar internasional.
Hal ini memberikan peluang besar bagi Indonesia untuk ekspor produk makanan sehat yang berkualitas dan memiliki nilai tambah.
Dalam rangka meningkatkan ekspor produk makanan sehat, diperlukan strategi pemasaran yang tepat, inovasi produk, sertifikasi halal, dan dukungan pemerintah untuk mendorong kesejahteraan petani dan produsen.
Dengan meningkatnya permintaan produk makanan sehat di pasar internasional, Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi pemain utama dalam industri ini.
Namun, perlu diingat bahwa meningkatkan kualitas produk dan memenuhi standar internasional merupakan kunci keberhasilan dalam memasuki pasar internasional.
Oleh karena itu, para produsen dan pemerintah harus bekerja sama untuk meningkatkan kualitas produk dan menciptakan ekosistem bisnis yang sehat dan berkelanjutan.
Dengan meningkatnya tren konsumsi makanan sehat di pasar internasional dan peluang ekspor produk Indonesia, diharapkan ekspor produk makanan sehat Indonesia dapat semakin berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat dan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.