Jakarta Forum - Kemampuan manfaatkan data lokal maupun berbasis awan jadi solusi ideal bagi arsitektur data hibrida. Cloudera memberdayakan peningkatan analitik untuk PTT Oil and Retail Business guna mengubah pengalaman pelanggan.
Kemampuan Manfaatkan Data Lokal Maupun Berbasis Awan Jadi Solusi Ideal Bagi Arsitektur Data Hibrida
Peningkatan akses serta pengelolaan data hibrida akan mempercepat penciptaan pengalaman pelanggan di bidang retail dan pengisian bahan bakar terintegrasi yang pertama di Thailand milik PTT Oil and Retail Business.
Cloudera, perusahaan data hibrida, hari ini mengumumkan bahwa perusahaan minyak dan retail Thailand PTT Oil and Retail Business Public and Company Limited (OR) telah memilih Cloudera untuk menciptakan pengalaman pelanggan di bidang retail dan pengisian bahan bakar terintegrasi yang pertama di negara ini melalui peningkatan kemampuan analitis data mereka.
OR tengah mengambil langkah-langkah untuk menerapkan Platform Data Cloudera (CDP) guna memberdayakan platform data dan hasil analitik barunya yang memberikan wawasan, menyediakan pandangan yang lebih jelas kepada OR tentang pelanggan mereka sekaligus meningkatkan pelibatan pelanggan dengan menawarkan pengalaman yang terpadu serta dipersonalisasi di seluruh 1.900 SPBU dan 3.000 cabang retail milik OR.
Penggunaan hasil analitik data yang dioptimalkan ini juga akan mendorong transformasi keseluruhan infrastruktur digital OR, yang memungkinkan perusahaan memanfaatkan teknologi baru seperti kecerdasan buatan dan hasil analitik-geografis guna mempercepat proses operasional.
Pemetaan Data Secara Digital
Konsolidasi bisnis minyak dan retail Petroleum Authority of Thailand Public Company Limited untuk membentuk OR telah membuat manajemen bisnis terkait, seperti kafe yang berlokasi di SPBU, menjadi lebih dekat.
Kemampuan manfaatkan data lokal maupun berbasis awan jadi solusi ideal bagi arsitektur data hibrida |
Interaksi pelanggan dengan anak perusahaan bisnis OR di berbagai titik interaksi menghasilkan data yang sangat banyak untuk memetakan perjalanan pelanggan serta mengembangkan pengalaman multisaluran yang terintegrasi dan dipersonalisasi bagi pelanggan yang cerdas secara digital.
Wawasan pelanggan ini juga akan menginformasikan strategi pemasaran dan promosi mendatang guna memperluas kehadiran bisnis lokal OR.
Untuk memanfaatkan data ini dalam mencapai pertumbuhan bisnis yang lebih tinggi, OR membutuhkan solusi yang fleksibel, efisien, dan aman untuk mengelola data perusahaan mereka di platform analitik baru yang berfungsi sebagai satu-satunya sumber kebenaran serta untuk melakukan demokratisasi akses data ke karyawan mereka yang mencakup sejumlah unit bisnis yang berbeda untuk dianalisis.
Rancangan dan Implementasi Migrasi Platform Data
OR bekerja sama dengan Cloudera untuk merancang dan melakukan migrasi platform data mereka yang sudah ada ke solusi data hibrida Cloudera.
Cloudera memberdayakan peningkatan analitik untuk PTT Oil and Retail Business guna mengubah pengalaman pelanggan |
OR telah memilih CDP sebagai solusi terbaik yang sesuai untuk akses cepat serta mengelola data mereka yang tersimpan di berbagai lingkungan awan dan lokal, dengan tujuan untuk pengimplementasian penuh pada tahun 2024.
Tantangan utama yang ingin diatasi oleh OR mencakup akses yang lancar dan aman ke serta penyampaian data terstruktur dan tak terstruktur yang disimpan di beberapa lingkungan, perusahaan, serta skala data di seluruh siklus hidup data, dan keamanan serta tata kelola terintegrasi yang akan memungkinkan penerapan teknologi baru seperti kecerdasan buatan dan hasil analitik-geografis untuk meningkatkan proses operasional.
Dengan kemampuan untuk memanfaatkan wawasan aktual, OR akan dapat memberikan layanan yang dipersonalisasi dengan mengintegrasikan penawaran dari beberapa unit bisnis dan anak perusahaannya.
Hal ini juga akan membantu mengurangi waktu yang dihabiskan untuk proses bisnis lain seperti pembukaan waralaba, karena teknologi dapat mengotomatiskan permintaan penyewaan lokasi dari pemilik waralaba dari bisnis makanan dan minuman OR di seluruh Thailand.
Implementasi Teknologi untuk Strategi Bisnis
"Di OR, kami melihat data sebagai 'emas baru' dan merasa gembira telah memilih bekerja dengan Cloudera untuk mengimplementasikan teknologi yang sangat penting guna mewujudkan strategi bisnis kami.
Kami tertarik pada kemampuan CDP untuk memanfaatkan data lokal maupun berbasis awan, yang menjadikannya solusi ideal bagi arsitektur data hibrida kami.
Dengan CDP, kami ingin membangun platform untuk melakukan demokratisasi data perusahaan serta meningkatkan analisis, yang akan membantu kami lebih memahami pelanggan guna menciptakan pengalaman yang berdampak dan dipersonalisasi.
Hal ini juga akan memberi kami data terstruktur yang tepat untuk mendukung penerapan teknologi baru.
Kami berharap dapat memanfaatkan potensi penuh data hibrida dengan Cloudera," ujar K.Wison Suntharachan, Wakil Presiden Eksekutif Senior Strategi dan Keberlanjutan Perusahaan, OR.
Personalisasi Pengalaman Multisaluran
"Saat ini pelanggan mencari pengalaman multisaluran yang lebih dipersonalisasi.
Data merupakan sumber daya penting dalam menciptakan pengalaman ini, dengan menyediakan kepingan-kepingan yang dibutuhkan untuk membentuk pemahaman yang lengkap akan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Jumlah data OR yang besar, tersedia melalui bisnis mereka, memberikan kesempatan yang sempurna.
Cloudera merasa gembira dapat menyediakan platform yang dibutuhkan bagi OR untuk mengubah data ini menjadi pengalaman yang berarti bagi para pelanggan," ujar Remus Lim, Wakil Presiden, Asia-Pasifik dan Jepang, Cloudera.
Platform Data Hibrida
Di Cloudera, mereka meyakini bahwa data dapat membuat hal yang mustahil hari ini, menjadi mungkin esok hari.
Cloudera mengajarkan kepada dunia tentang nilai data, menciptakan industri dan ekosistem yang didukung oleh inovasi tanpa henti dari komunitas sumber terbuka.
Mereka memberdayakan para pelanggannya, pemimpin dalam industri mereka, untuk mengubah data yang rumit menjadi wawasan yang jelas dan dapat ditindaklanjuti.
Melalui platform data hibrida mereka, perusahaan-perusahaan dapat membangun masa depan berbasis data mereka dengan memberikan data, tak peduli di mana data itu berada, kepada mereka yang membutuhkannya.
Cloudera dan merek-merek terkait merupakan merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Cloudera, Inc.
Semua nama perusahaan dan produk lainnya mungkin merupakan merek dagang dari pemiliknya masing-masing.
Ini menjadi bukti bahwa kemampuan manfaatkan data lokal maupun berbasis awan jadi solusi ideal bagi arsitektur data hibrida.